Sunday, April 1, 2012

Pendekar Super Sakti

Murid Sableng: "Suhu, saya tadi barusan mengamalkan ilmu silat yg telah suhu ajarkan,. Apakah saya mendapat kredit point? dan layak mendapatkan julukan pendekar sableng?"

Suhu Gendeng: "Coba ceritakan pengamalan ilmumu tadi"

Murid Sableng: Saya tadi belanja di pasar, tiba2 seseorang tanpa ada angin dan hujan memukul saya, suhu

Suhu Gendeng: Mengapa kamu tidak menghindar? kan udah aku ajarkan ilmu menghindar?

Murid sableng: orang tersebut orang biasa suhu, saya bisa menerima pukulannya, jadi saya tidak perlu menghindar. kemudian saya buat orang itu tersungkur dengan pukulan yg suhu ajarkan. terima kasih suhu telah menjadikan saya menjadi seorang pendekar.

Suhu Gendeng: Itu namanya kamu sama sekali bukan pendekar. tapi kamu adalah orang yang sombong

Murid sableng: Mengapa begitu suhu?

Suhu Gendeng: karena seorang pendekar adalah orang yg sanggup mengalahkan ego diri sendiri. Jadi, kalo kamu bisa menerima pukulan orang itu, mengapa kamu harus membalasnya? kan orang tersebut tidak memiliki ilmu beladiri?

Murid sableng: Karena saya mampu membalasnya suhu, dan kalau tidak saya balas, harga diri saya akan turun di mata orang2 satu pasar dan di dunia kang ouw, suhu.

Suhu Gendeng: Harga diri kamu tidak akan turun karena perbuatan orang lain terhadap kamu. Harga diri kamu hanya bisa turun karena perbuatan kamu sendiri. Kamu balas memukul orang yg memukul kamu itu karena kamu merasa mempunyai kuasa untuk melakukan pembalasan. itu ego namanya. sedangkan seorang pendekar sejati adalah orang yg menerima pukulan tanpa membalas, meskipun dia punya kuasa atau mampu membalas. itulah orang2 yang ikhlas.

Murid sableng: Tapi bukankahkah tidak membalas itu adalah tindakan pengecut suhu?

Suhu Gendeng: Bukan! pengecut adalah orang yg tidak berani membalas keburukan karena merasa tidak punya kuasa atau merasa tidak mampu utk membalas. Jika dia mampu, dia pasti membalas dengan berlebihan, Sedangkan orang yang ikhlas itu orang yang tidak membalas keburukan dengan keburukan, meskipun dia punya kemampuan untuk membalasnya. ITU BEDANYA!

Aku mengajarkan kamu ilmu untuk membela orang lain yang tidak mampu, bukan untuk dikatakan hebat oleh orang lain. Dan ada satu hal lagi yang harus dimiliki seseorang sehingga orang tersebut dapat dikatakan seorang pendekar super sakti ...

Murid sableng: Apa itu, suhu?

Suhu Gendeng: Seorang pendekar super bukanlah seorang yang dapat mengalahkan musuh2nya dengan kekuatan, tapi adalah seorang yg dapat merubah musuh2nya menjadi kawan kawannya yang paling setia

Murid sableng: Bagaimana caranya suhu? kok sepertinya gak masuk akal

Suhu Gendeng: Dan tidaklah sama kebaikan dan kejahatan. Tolak dan balaslah (kejahatan itu) dengan kebaikan, maka tiba-tiba orang yang antaramu dan antara dia ada permusuhan akan menjadi teman yang sangat setia.

CAMKAN ITU BAIK BAIK!



No comments:

Post a Comment